Selasa, 10 Mei 2011

Definisi Penetapan Harga, Penawaran dan Permintaan (New Resume)

Definisi Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu penjualan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa dan begitu pula sebaliknya jika menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh dari penjualan barang ataupun jasa tersebut. Ada beberapa tujuan dari penetapan harga, diantaranya mendapatkan keuntungan sebesar besarnya dan mempertahankan penjualan. Dalam melakukan penetapan penentuan harga, ada tiga macam pendekatan yaitu: Supply dan Demand, pendekatan yang berorientasi pada biaya, dan pendekatan pasar.

Pengertian Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi permintaan yaitu harga barang itu sendiri, harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut, pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat, selera dan prilaku seseorang atau masyarakat, jumlah penduduk. Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung.

Pengertian penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu harga barang itu sendiri, harga barang-barang lain (barang-barang substitusi), biaya produksi, tujuan-tujuan perusahaan, tingkat teknologi yang digunakan. Apabila ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan, penawaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penawaran perorangan dan penawaran kolektif.

Dan dari hasil diskusi mengenai masalah di atas, kenyataannya tidak semua teori ekonomi yang ada bisa dibuktikan dan diterapkan dengan baik di setiap negara. Karena tiap negara mempunyai keunggulan dan kelemahan dibidang ekonominya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar