Selasa, 10 Mei 2011

Perilaku Konsumen (New Resume)

Konsumen adalah mereka yang memiliki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar. Terdapat 2 teori pendekatan untuk mempelajari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang yaitu Pendekatan Kardinal dan Pendekatan Ordinal.

Perilaku konsumen didasari oleh Motif, Motivasi dan Kebutuhan Konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen:
1. Budaya
2. Kekuatan Sosial Budaya
3. Kekuatan Faktor Psikologis
4. Faktor Sikap dan Keyakinan
5. Konsep Diri

Tiga macam kebutuhan manusia menurut David McClelland:
1. Need for achievment
2. Need for affiliation
3. Need for power

Ada 3 faktor yang mempengaruhi status / penghargaan yang diberikan oleh masyarakat:
1. Faktor Pribadi
2. Faktor Psikologi
3. Faktor Sosial

Dan dari hasil diskusi mengenai masalah diatas, ternyata gaya hidup (lifestyle) dan pergaulan dapat mempengaruhi perilaku konsumen karena makin tinggi gaya hidup seseorang, makin tinggi seseorang ingin membeli sesuatu. Contohnya gaya hidup orang modern, selalu ingin membeli barang-barang bermerk dan mahal, akan tetapi gaya hidup orang biasa-biasa saja hanya membeli sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar