Selasa, 10 Mei 2011

Perilaku Produsen (New Resume)

Yang dimaksud dengan teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya.

Dalam teori ekonomi, setiap proses produksi mempunyai landasan teknis yang disebut fungsi produksi. Dalam teori ekonomi, fungsi produksi diasumsikan tunduk pada suatu hukum yang disebut : The Law of Diminishing Returns (Hukum Kenaikan Hasil Berkurang). Hukum ini menyatakan bahwa apabila penggunaan satu macam input ditambah sedang input-input yang lain tetap maka tambahan output yang dihasilkan dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan tadi mula-mula naik, tetapi kemudian seterusnya menurun jika input tersebut terus ditambahkan.

Perilaku produsen mencakup banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah harga produk, faktor produksi dan harga faktor produksi yang akan mempengaruhi keuntungan yang akan didapat. Namun perlu diperhatikan strategi produksi dan penjualan yang tepat, karena sebagian besar pelaku produksi beroperasi dalam pasar persaingan sempurna, sehingga segala kemungkinan kecil pun dapat terjadi, terlebih lagi bila produsen tidak dapat menyikapinya dengan bijak. Seorang produsen yang baik dapat mengambil kebijakan yang tidak merugikan pihak manapun, baik dari pihak internal maupun eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar