Rabu, 16 Maret 2011

Struktur Pasar (resume)

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antar permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jenis-jenis struktur pasar:
Pengertian struktur pasar
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industry, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industry dan peranan iklan dalam kegiatan industy.
Pasar persaingan sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.
Pasar persaingan tidak sempurna
1. Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
PLN, PT POS Indonesia seharusnya mereka bisa memberi tarif yang murah kepada masyarakat karena memang masyarakat sangat membutuhkan jasanya, akan tetapi malah menyusahkan masyarakat.
2. Pasar oligopoli
Pasar oligopoly adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Contoh dari pasar oligopoly adalah Pertamina, perusahaan pemerintah yang menyusahkan rakyat.
3. Pasar duopoly
Duopoly adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

4. Pasar monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsurepersaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
5. Pasar monopsoni
Bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar