Minggu, 28 April 2013

Aplikasi Web GIS



1. Aplikasi WebGIS Hasil Pemilu Legislatif 2004

Pada Web GIS Hasil Pemilu Legislatif 2004 memiliki fitur-fitur yang berhubungan dengan hasil pemilu pada saat itu di Indonesia, contohnya :
  • Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan opensource Alov MAP yang berbasis pemrograman java. Dengan menggunakan Alov ini maka aplikasi dapat direkam pada CD-ROM dan dapat dijalankan secara “off-line” alias tidak memerlukan akses internet sama sekali. Semua data dan sistem telah terintegrasi dalam CD-ROM tersebut.

contoh tampilan aplikasi

url: http://hartantosanjaya.name/2013/01/03/aplikasi-webgis-hasil-pemilu-legislatif-2004/

2. Aplikasi Web GIS Kehutanan

Pada Web GIS Kehutanan memiliki fitur-fitur yang berhubungan dengan hutan di Indonesia, contohnya :
  • Menyajikan Peta Interaktif
  • Toolbar yang memberikan fasilitas pada user untuk Zoom Berdasarkan Provinsi, Zoom in, Zoom out, Pan, Full Extent, Identify, Measure dan Magnifier
  • Tools yang digunakan : ArcGIS, ArcGIS Explorer, ArcGIS JavaScript, Google Earth dan Virtual Earth
url: http://webgis.dephut.go.id/

Aplikasi Mobile Web GIS

Diatas telah diberikan beberapa contoh GIS yang disajikan dalam bentuk webdesktop, disini saya pun akan memberikan contoh mobile web GIS :
1. mymenoo menyajikan segala info yang berhubungan dengan menu makanan, yang didalamnya tidak hanya terdapat info lokasi, bahkan harga dan bentuk makanan pun di tampilkan dalam aplikasi mobile ini.
Fitur-fitur yang ada pada mymenoo adalah : sleek design, user reviews, ratings, game mechanism, map integration, complete places information, social network, dan Augmented Reality
Tools yang digunakan : Augmented Reality, google map

2. link diatas merupakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakara buatan anak negeri Indonesia.
Didalamnya terdapat beberapa fitur yaitu pengecekan posisi user, koordinat user, kalkulasi jarak terdekat (menggunakan metode haversine), info marker, rute perguruan tinggi (memanfaatkan API Google Map), cek akreditasi jurusan, serta cek info beasiswa.
Tools yang digunakan : API Google Map








Tidak ada komentar:

Posting Komentar