Minggu, 14 Oktober 2012

Supply Chain Management

Produk Biskuit Kaleng

Nama : Endang Purwati
NPM : 13109443
Kelas : 

• Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan
juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah
yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di
sebuah supermarket?
• Gambarkan supply chain dari produk ini.

SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
• Where do you source your materials?
• Where do you process or convert them?
• What channels of distribution do you use?
• How do you build a strong relationship with your suppliers and
customers?
• How do you get direct information from your end-consumers?
• What logistics structure should you impose?
• How do you coordinate your information flows and systems
globally?
• And how do you set up incentive systems for all of your
partners in the supply chain to optimize overall performance?

Jawaban:



Gambar Supply Chain
  1. Pabrik Gula
  2. Pabrik Susu Bubuk
  3. Pabrik Terigu
  4. Pabrik Mentega
  5. Pabrik Garam
  6. Pabrik Maizena
  7. Pabrik Kaleng
  8. Distributor Makanan
  9. Distributor Telur
  10. Supermarket / Agen

Semua bahan baku diperoleh dari pabrik gula, pabrik terigu, pabrik mentega, pabrik garam, pabrik kaleng, dan distributor telur. Untuk mengolah semua bahun baku hingga menjadi biskuit di dalam kaleng, proses dilakukan di pabrik biskuit kaleng itu sendiri. pendistribusian untuk produk biskuit kaleng bisa dilakukan dengan cara yang telah diterapkan oleh perusahaan biskuit kleng itu sendiri. misalnya saja dengan melakukakn pendistribusian ke supermarket. untuk menjalin komunukasi yang baik dengan suplier ataupun pelanggan, tentunya kita harus bersikap profesional, mau menerima kritikan baik ataupun buruk karena itu semua demimemajukan perusahaan juga. Dalam management ini melakukan penjulan secara langsung ke pelanggan, memesan komponen pada saat menerima pesanan, menentukan waktu bagi supply chain, memperkecil jumlah pemasok, mengutamakan pemasok terdekat dari posisi pabrik, mengembangkan e-commerce, dan melakukan kemitraan yang baik. Untuk mengkoordinasikan informasi arus dan sistem global dilakukan dengan cara mencari informasi yang tepat di lapangan kemudian diberi suatu penilaian dari informasi yang di dapat setelah itu baru di berikan informasi yang telah di olah kepada para supplier, distributor dan manufacturing. Meningkatkan kualitas penjulan dan kualitas biskuit yang dijual agar mampu menarik banyak minat dari konsumen untuk membeli biskuit yang diproduksi dan dengan begitu mitra kerja pemasok akan bejalan optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar